Tips Dan Kiat Memilih Cat Tembok

Warna rumah sangat menentukan suasana dan penampilan rumah. Dengan warna cat yang tepat, rumah akan terlihat cantik dan tembok rumah juga akan terlindungi dengan baik. Namun apakah ada tips dan kiat pemilihan cat tembok untuk di aplikasikan di dinding rumah?

Setidaknya ada 2 jenis besar cat tembok menurut tempat aplikasinya, yaitu cat interior dan cat eksterior. Cat interior lebih memperhatikan sisi estetika sedangkan cat eksterior mempunyai penekanan yang lebih terhadap fungsi protektifnya. Cat interior tidak dapat digunakan untuk eksterior, namun cat eksterior tidak masalah jika digunakan untuk interior.

Tips Dan Kiat Memilih Cat Tembok
Tips Dan Kiat Memilih Cat Tembok / google  image

Secara umum, terdapat kriteria cat tembok yang baik, yaitu :
  • Cat tembok memiliki pigmen warna yang tahan lama sehingga warna cat tidak mudah berubah.
  • Daya rekat cat bagus, artinya cat tidak mudah mengelupas dari tembok sehingga tahan hingga usia 4 tahun atau lebih.
  • Daya tutup cat tembok harus bagus.Jika daya tutup bagus, maka warna cat tembok akan mudah rata. Selain itu juga akan memberikan perlindungan yang baik terhadap tembok.
  • Cat tembok tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya. Bahan kimia berbahaya dalam cat dapat menimbulkan berbagai penyakit, seperti kanker dan penyakit pernafasan. Indikasinya yang paling mudah adalah jika tercium bau cat yang membuat pusing, maka cat tersebut jangan digunakan.
  • Pilihlah cat yang mempunyai kesesuaian dengan cat sebelumnya, agar warna cat tembok yang baru sesuai dengan warna cat yang lama.
  • Cat harus tahan terhadap perubahan cuaca.
Tips Dan Kiat Memilih Cat Tembok
Tips Dan Kiat Memilih Cat Tembok / google image


Untuk cat interior, perhatikan kehalusan penampilan warnanya. Selain itu juga harus mudah dibersihkan agar perawatannya tidak merepotkan. Cat tembok interior juga tahan terhadap kelembaban dan tidak ditumbuhi jamur. Kelembaban akan merubah warna cat, sedangkan jamur akan merusak cat.

Untuk cat eksterior, selain untuk fungsi estetika, juga mempunyai fungsi perlindungan terhadap tembok dari terpaan cahaya matahari dan cuaca. Perubahan cuaca dan terpaan cahaya matahari dapat menimbulkan kerusakan. Air hujan dapat merembes dari celah tembok yang rusak. Inilah pentingnya cat eksterior yang tahan terhadap cuaca. Tembok menjadi tidak mudah rusak.

Sedangkan untuk pemilihan warna cat, disesuaikan dengan selera dan gaya rumah anda..

sumber : bitofknittery.com

No comments:

Post a Comment